Coba-coba

Ada bagusnya kita mencoba banyak hal. Jadi tau kalau ternyata memang kita tidak suka atau tidak cocok dengan bidang itu. Tapi, bukannya itu sama dengan buang-buang waktu ya. Bayangkan... kalau kita memakai teknik mencoba dalam hidup kita mengenai melakukan suatu pekerjaan.

Contohnya, seorang perempuan mau mencoba bekerja sebagai sekertaris. Padahal sudah tau, ia tidak terlalu suka kerja di belakang meja. "Tapi dicoba dulukan ya, siapa tau suka terus berhasil disitu.. siapa tau." Terus setelah selesai 2 tahun, dari yang gak bisa, ia jadi expert di bidang sekretaris. Dia mulai bingung, jadi suka dunia ini. Suka karena biasa.

Tetapi rasanya tetap ada yang kurang. Setiap hari ia masih terus memikirkan enaknya mengajar di daerah-daerah dan bertemu dengan banyak anak-anak. Oww owww ... dia jadi sekertaris, tapi pas lagi sendiri.. yang dibayangin gimana asiknya mengajar.  Kontradiksi ya.. sukses.. tapi gak puas...

Jadi.. coba-coba salah gak sih.. buat saya.. coba-coba yang masih berhubungan dengan tujuan saya gpp . Apa tuh maksudnya? Coba-coba yang masih sesuai dengan bakat dan minat saya, coba-coba yang jelas tujuannya. Contoh.. saya suka anak-anak dan suka menulis..akhirnya saya coba-coba menulis cerita anak. Gapapa lah.. masih ada hubungannya dengan tujuan besar saya. Yang bener- benar buang waktu itu kalau jelas-jelas saya gak suka menggambar, akhirnya coba aja ikut les gambar.. isi waktu.. siapa tau jadi pelukis. Ini beneran gak ada tujuan.. dari awal cuma mencoba (kata 'siapa tau' indikasi coba-coba).

Itu baru kerjaan guys, gimana kalo soal pasangan hidup. Owww oww...ini lebih gawat.. pacaran karena coba dulu aja.. siapa tau.. nanti jodoh. No. Kita bisa coba pacaran, tapi pada akhirnya untuk jadi jodoh itu pilihan kita. Bayangin... coba pacaran..gak ada tujuan.. berapa lama waktu yang abis.. hati yang luka karena putus kalo gak cocok.. belom lagi.. kalo pacaran kita caranya gak bener.. buat cewe, bisa rugi karena udah pernah dicium atau dipegang. Hmmmm... lebih rugi dan menyesal kan... ?!?!

Jadi.. kesimpulan saya.. gak bisa coba-coba.. ya mungkin kamu akan dibilang orang punya banyak pengalaman..

Tapi ada pepatah bilang, orang pintar belajar dari pengalamannya.. orang bijak belajar dari pengalaman orang lain.

Pilih yang mana, pintar atau bijak?

(Ditulis saat lagi pusing2nya ngolah data tesis..)

Komentar

Postingan Populer