Berpikir Hoax

Ini postingan saya di FB..  28 November 2016

Alasan saya share lagi, biar kedata aja.. takutnya jadi viral.. nanti ada yang ngkau-ngaku lagi.. hahaha




Tadi pagi (09.00 wib) di atas uber motor... Gak sengaja mata ini melihat 2 orang berseragam 'pekerja negeri'. Mereka duduk-duduk di depan salah satu mini market terkenal di Indonesia, sebut saja 'inimart'.

Spontan pikiran pertama saya bilang "jam segini bukan kerja malah duduk-duduk makan". Awalnya saya menganggap pikiran saya baik-baik saja... Tatpi tiba-tiba suara di hati bilang ... "kamu kan gak tau kenapa dia disitu. Siapa tau dia sudah diijinkan dan tunggu temannya untuk dinas di tempat lain.

Sontak saya menjadi malu dengan pikiran saya. Ahhh parah sekali saya.. mengambil kesimpulan dari apa yang saya liat, tanpa mengetahui kebenarannya. Mungkin ini yang disebut pikiran hoax. Pikiran yang langsung memutuskan seuatu kebenaran tanpa penjelajahan.

Hmmmm... baru ngerti... kenapa asumsi disebut penalaran tingkat rendah... ya karena dia tidak menggunakan proses berpikir tingkat tingginya. Baru ngerti juga... walau udah8 tahun belajar taksonomi bloom dan yang terbaru taksonomi anderson... ternyata proses ini dibutuhkan bukan pada saat dikelas aja.. tapi di kehidupan sehari-hari... Baru ngerti lagi... kenapa waktu itu sesorang bilang... "kita kuliah diperguruan tinggi yang penting itu belajar proses berpikirnya, kalo ilmunya bisa belajar dimana aja.."
wahh.... wahhhh... wahhhh... thankkk u... 'terang dipagi hari'.


#pengalaman #pencerahan #highorderthingkingskill

Komentar

Postingan Populer