Esensinya Pendidikan

Apa sih pendidikan? 

Apa hanya meodel, metode, pendekatan , teknik mengajar, ataupun assesment  dalam pembelajaran. Buat saya semua itu hal-hal teknis. Pendidikan bukan mengenai cara. Bukan mengenai ukuran. Buat saya pendidikan itu adalah konsep dimana saya membantu seseorang menjadi dirinya sendiri. Konsep dimana saya memahami seseorang sehingga saya mengerti dimana perlu saya membantunya.  Oleh karena itu, pendidikan tidak bisa tanpa rasa dan tanpa hati. Karena dalam pendidikan pasti ada hubungan diantara keduanya. 

Pendidikan bagikan seni. Tak bisa di format teratur, tak bisa dipaksa ke semua individu. Metode yang kamu berhasil lakukan di orang yg itu, belum tentu berhasil ke orang lain. Penilaian yang kamu lakukan dalam kemajuan seseorang tidak bisa kamu sama ratakan kepada semua orang. 

Apa esensinya pendidikan? 
Membantu seseorang dari tidak tau menjadi  tau, dari tidak bisa menjadi  bisa. Dan paling penting untuk digaris bawahi, bahwa tidak taunya seseorang menjadi tau, prosesnya sangat beraneka ragam. Ada yang cepat ada yang lambat. Dan bukan berarti yang lambat lebih buruk dari yang cepat. Sama sekali tidak. Hanya memang begitu, prosesnya berbeda. Memahami ini saja, membuat saya lebih sabar dalam mendidik. 

*jadi tulisan ini muncul karena tadi siang menemukan temen ngobrol yg kepercayaannya dalam pendidikan sama. hehehehe. 

Intinya jangan kejebak hal teknis.. pendidikan perlu teknis tapi bukan itu esensinya.. 







Komentar

Postingan Populer